Aplikasi erapor kurikulum 2013 (K-13) jenjang SMP versi 2022.1. Aplikasi e-Rapor K13 SMP adalah perangkat lunak berbasis web yang berfungsi untuk manajemen penilaian dan menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan jenjang SMP yang melaksanakan Kurikulum 2013.
e-Rapor K13 SMP dikembangkan dengan mengacu pada kaidah-kaidah sistem penilaian/asesmen sebagaimana termuat dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013
e-Rapor K-13 SMP terintegrasi dengan aplikasi Dapodik melalui web services yang telah disediakan Dapodik.
e-Rapor K-13 SMP dikembangkan oleh Tim Pengembang e-Rapor Direktorat SMP, Kemdikbudristek
e-Rapor K-13 SMP dapat didownload dan digunakan secara gratis bagi seluruh sekolah jenjang SMP di Indonesia yang telah melaksanakan Kurikulum 2013.
Syarat Berjalannya Sistem Aplikasi E-rapor SMP
Syarat Teknis Server
Untuk mendukung instalasi e-Rapor K13 SMP Versi 2002.1 diperlukan server atau komputer yang difungsikan sebagai server dengan spesifikasi minimal:
- Prosesorsetara core i3.
- OS windows 8, 10, 11 (64/32 bit) atau Windows Server.
- RAM minimal 4 GB.
- Ruang kosong pada drive C minimal 1 GB.
Langkah Persiapan
Agar instalasi dapat berjalan dengan baik, beberapa hal yang harus dipersiapkan antara lain:
- Server atau komputer yang difungsikan sebagai server.
- Non aktifkan Windows firewall.
- Nonaktifkan anti virus yang terpasang pada server atau komputer saat proses instalasi.
- Pastikan pada server atau komputer telah terinstall web browser terbaru tanpa plugin misalnya chrome atau mozilla firefox.
- Untuk resolusi hardware pengguna di optimalkan dengan resolusi 1024 Px.
Konfigurasi jaringan E-rapor 2013 SMP
- Aplikasi e-Rapor K13 SMP hanya dipasang pada salah satu komputer server (1 sekolah 1 aplikasi).
- Aplikasi e-Rapor tidak boleh diinstal pada setiap komputer guru
- Untuk kerja oleh guru mapel, wali kelas maupun siswa dilakukan melalui browser dengan mengakses IP server e-Rapor.
- Untuk menghubungkan komputer Server e-Rapor K13 SMP dengan Dapodik maupun dengan komputer.guru/wali/siswa dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan LAN baik dengan menggunakan Kabel LAN maupun Wifi.
Alternatif jaringan E-rapor K-13 SMP
- Aplikasi e-Rapor K13 SMP dan Dapodik dipasang pada Cloud Server (1 sekolah 1 aplikasi).
- Untuk kerja oleh Admin, guru mapel, wali kelas maupun siswa dilakukan melalui browser dengan mengakses IP Cloud Server e-Rapor / Alamat Domain e-Rapor.
- Agar Cloud Server e-Rapor K13 SMP terhubung dengan komputer Admin/guru/wali/siswa harus terkoneksi dengan jaringan Internet.
4 Komponen Utama Pengguna e-Rapor K-13 SMP
- Mendaftarkan Webservice
- Mengambil data dapodik
- Membuat data user
- Mengecek dan menyesuaikan referensi data dari dapodik
- Membuat referensi Lokal (Pembelajaran, mapping rapor, penyesuaian logo sekolah dan pemda, TTD Kepsek dan TTD Wali kelas, input tanggal rapor)
- Cetak Leger
- Backup Restore Data e-Rapor
- Input Tujuan Pembelajaran
- Input Nilai Akhir
- Pilih TP tercapai dan TP perlu peningkatan
- Input Nilai Ekstrakurikuler (khusus guru yang diberikan Input kenaikan kelas tugas tambahan pembina ekskul)
- Edit data siswa
- Input Rekap Kehadiran
- Input Capaian Profil Pelajar Pancasila (P3)
- Input nilai ekstrakurikuler
- Input kenaikan kelas
- Cetak Leger
- Cek capaian nilai Rapor dari semester 1-6
- Download dan cetak Rapor
- Edit data siswa
- Edit Profil, ubah password, cek nilai sebelumnya
- Status penilaian
- Download rincian nilai
- Import nilai