menu

Minggu, 18 Agustus 2024

SOAL ASAS SENI RUPA KELAS VIII

Asesmen Sumatif Akhir Semester

Mata Pelajaran: Seni Rupa
Kelas: 8 SMP
Semester: Ganjil
Kurikulum: Merdeka


Soal Pilihan Ganda

  1. Apa yang dimaksud dengan perspektif satu titik hilang?

    • a. Teknik menggambar yang menggunakan dua titik hilang di horison
    • b. Teknik menggambar yang menggunakan satu titik hilang di horison
    • c. Teknik menggambar tanpa garis horison
    • d. Teknik menggambar yang hanya menggunakan garis vertikal dan horizontal
  2. Dalam menggambar perspektif satu titik hilang, di mana letak titik hilang biasanya berada?

    • a. Di luar area gambar
    • b. Di tengah-tengah gambar
    • c. Pada garis horison
    • d. Pada bagian bawah gambar
  3. Apa fungsi garis horison dalam perspektif satu titik hilang?

    • a. Menentukan warna objek
    • b. Menentukan tinggi objek
    • c. Menentukan kedalaman dan jarak objek
    • d. Menentukan bentuk objek
  4. Apa yang harus dilakukan untuk membuat objek tampak lebih dekat dalam perspektif satu titik hilang?

    • a. Menggunakan garis horizontal lebih tebal
    • b. Menempatkan objek lebih jauh dari titik hilang
    • c. Membuat objek lebih besar
    • d. Menggunakan lebih banyak warna cerah
  5. Garis-garis yang mengarah ke titik hilang dalam gambar perspektif disebut apa?

    • a. Garis konvergen
    • b. Garis horizontal
    • c. Garis vertikal
    • d. Garis diagonal
  6. Apa yang dimaksud dengan ‘titik hilang’ dalam perspektif satu titik hilang?

    • a. Titik di mana garis-garis paralel bertemu
    • b. Titik di luar gambar
    • c. Titik yang menggambarkan tinggi objek
    • d. Titik yang menunjukkan warna objek
  7. Ketika menggambar ruang interior menggunakan perspektif satu titik hilang, apa yang biasanya terletak di titik hilang?

    • a. Objek yang jauh dari pengamat
    • b. Pintu atau jendela
    • c. Langit-langit
    • d. Lantai
  8. Dalam mendesain poster, apa tujuan utama dari penggunaan tipografi?

    • a. Meningkatkan keindahan visual
    • b. Menyampaikan pesan dengan jelas
    • c. Mengurangi penggunaan warna
    • d. Menambah kompleksitas desain
  9. Apa yang harus diperhatikan dalam memilih warna untuk poster?

    • a. Warna yang paling mahal
    • b. Warna yang tidak kontras
    • c. Warna yang sesuai dengan tema dan menarik perhatian
    • d. Warna yang sulit dibaca
  10. Apa yang dimaksud dengan ‘komposisi’ dalam mendesain poster?

    • a. Penempatan teks dan gambar secara acak
    • b. Pengaturan elemen visual untuk menarik perhatian dan menyampaikan pesan
    • c. Menggunakan warna yang sama di seluruh poster
    • d. Menambah jumlah elemen visual tanpa memperhatikan tata letak
  11. Dalam perspektif satu titik hilang, garis-garis yang sejajar dengan garis horison biasanya akan:

    • a. Mengarah ke titik hilang
    • b. Berjalan paralel satu sama lain
    • c. Membentuk sudut dengan garis horison
    • d. Tidak terlihat dalam gambar
  12. Bagaimana cara menggambar objek dengan perspektif satu titik hilang di sudut pandang tinggi?

    • a. Dengan menurunkan posisi titik hilang
    • b. Dengan menurunkan garis horison
    • c. Dengan menaikkan posisi titik hilang
    • d. Dengan menambahkan garis vertikal
  13. Apa yang harus dilakukan jika objek di poster harus menarik perhatian utama?

    • a. Menggunakan warna-warna yang sama dengan elemen lainnya
    • b. Menempatkan objek di pusat dan menggunakan ukuran yang lebih besar
    • c. Menempatkan objek di bagian bawah poster
    • d. Menggunakan tipografi yang tidak jelas
  14. Apa yang menjadi elemen penting dalam desain poster selain tipografi dan warna?

    • a. Kontras visual
    • b. Jumlah teks
    • c. Jumlah warna
    • d. Jenis kertas
  15. Dalam perspektif satu titik hilang, bagaimana cara menggambar jalan yang tampak menghilang ke jarak?

    • a. Menggambar jalan dengan garis-garis paralel
    • b. Menggambar jalan dengan garis-garis yang mengarah ke titik hilang
    • c. Menggambar jalan dengan garis-garis vertikal
    • d. Menggambar jalan dengan garis-garis horizontal
  16. Apa yang dimaksud dengan ‘area negatif’ dalam desain poster?

    • a. Area yang tidak memiliki elemen visual
    • b. Area dengan warna gelap
    • c. Area yang memiliki banyak elemen visual
    • d. Area dengan teks yang banyak
  17. Bagaimana posisi titik hilang mempengaruhi tampilan perspektif objek?

    • a. Memperbesar objek
    • b. Mengubah ukuran objek secara acak
    • c. Menentukan seberapa banyak objek tampak menyusut ke arah jarak
    • d. Menghilangkan objek dari gambar
  18. Dalam mendesain poster, mengapa penting untuk mempertimbangkan hierarki visual?

    • a. Untuk memastikan semua elemen poster terlihat sama
    • b. Untuk mengatur elemen sehingga pesan utama lebih mudah dipahami
    • c. Untuk mengurangi ukuran poster
    • d. Untuk meningkatkan penggunaan warna yang sama
  19. Apa peran ‘garis konvergen’ dalam perspektif satu titik hilang?

    • a. Membentuk batas gambar
    • b. Menunjukkan area negatif
    • c. Mengarahkan mata pengamat ke titik hilang
    • d. Membentuk pola warna
  20. Apa yang harus diperhatikan saat membuat sketsa kasar untuk desain poster?

    • a. Detail kecil dari elemen visual
    • b. Tata letak umum dan elemen penting
    • c. Warna dan tipografi
    • d. Jumlah elemen visual
  21. Apa tujuan utama dari ‘focal point’ dalam desain poster?

    • a. Menambahkan banyak teks
    • b. Menentukan area yang akan ditekankan dan menarik perhatian
    • c. Mengurangi penggunaan warna
    • d. Menambahkan detail kecil
  22. Apa yang dimaksud dengan ‘garis horizon’ dalam perspektif satu titik hilang?

    • a. Garis yang memisahkan objek dari latar belakang
    • b. Garis yang membatasi area gambar
    • c. Garis horizontal yang menunjukkan tingkat mata pengamat
    • d. Garis yang menunjukkan kedalaman objek
  23. Apa yang harus dipertimbangkan saat memilih tipografi untuk poster?

    • a. Ukuran dan kejelasan
    • b. Warna yang menyamai latar belakang
    • c. Font yang paling mahal
    • d. Jenis font yang tidak jelas
  24. Dalam perspektif satu titik hilang, apa yang terjadi pada objek yang lebih jauh dari titik hilang?

    • a. Objek tampak lebih besar
    • b. Objek tampak lebih kecil
    • c. Objek tampak tetap sama ukuran
    • d. Objek tampak terbalik
  25. Apa tujuan dari penggunaan kontras dalam desain poster?

    • a. Membuat poster lebih mahal
    • b. Meningkatkan keterbacaan dan visualisasi elemen
    • c. Mengurangi jumlah elemen visual
    • d. Menghilangkan elemen yang tidak perlu
  26. Apa yang dimaksud dengan ‘ruang positif’ dalam desain poster?

    • a. Area di poster yang diisi dengan elemen visual
    • b. Area kosong di poster
    • c. Area yang tidak memiliki warna
    • d. Area dengan warna gelap
  27. Apa yang menjadi faktor kunci dalam menciptakan kedalaman dalam perspektif satu titik hilang?

    • a. Penggunaan warna cerah
    • b. Ukuran objek yang sama
    • c. Penggunaan garis konvergen yang benar
    • d. Penempatan objek secara acak
  28. Apa yang harus dipertimbangkan saat menggunakan gambar dan teks bersama dalam poster?

    • a. Menyusun elemen secara terpisah tanpa hubungan
    • b. Menyatukan elemen secara harmonis untuk mendukung pesan
    • c. Menggunakan teks dengan warna yang sama dengan gambar
    • d. Mengurangi ukuran teks
  29. Bagaimana cara membuat objek tampak lebih jauh dalam perspektif satu titik hilang?

    • a. Mengurangi ukuran objek
    • b. Menambah warna terang pada objek
    • c. Menggunakan garis horizontal yang lebih tebal
    • d. Menempatkan objek lebih dekat ke titik hilang
  30. Apa yang dimaksud dengan ‘white space’ dalam desain poster?

    • a. Ruang kosong yang dibiarkan tanpa elemen visual
    • b. Ruang dengan banyak teks
    • c. Ruang dengan warna terang
    • d. Ruang dengan gambar kecil
  31. Apa yang harus diperhatikan dalam tata letak elemen desain poster?

    • a. Penempatan elemen secara acak
    • b. Keseimbangan dan alur visual yang baik
    • c. Mengurangi elemen yang ada
    • d. Menggunakan elemen yang sama di seluruh poster
  32. Apa yang terjadi pada ukuran dan bentuk objek ketika digambar lebih dekat dengan titik hilang dalam perspektif satu titik hilang?

    • a. Objek terlihat lebih kecil dan lebih menyusut
    • b. Objek terlihat lebih besar dan lebih jelas
    • c. Objek tetap sama ukuran
    • d. Objek tidak terlihat dalam gambar
  33. Apa yang harus dilakukan untuk memastikan poster efektif dalam menyampaikan pesan?

    • a. Menggunakan banyak teks dan elemen visual
    • b. Menggunakan desain yang sederhana dan jelas dengan pesan utama
    • c. Menggunakan warna-warna gelap
    • d. Menempatkan semua elemen di satu sudut poster
  34. Apa yang menjadi perhatian utama dalam menggambar perspektif satu titik hilang?

    • a. Menggunakan banyak warna
    • b. Menggunakan garis konvergen dan titik hilang dengan benar
    • c. Menghindari garis horison
    • d. Menggambar objek secara acak
  35. Apa yang harus dipertimbangkan dalam memilih warna untuk elemen penting dalam poster?

    • a. Warna yang paling mahal
    • b. Warna yang kontras dengan latar belakang dan menarik perhatian
    • c. Warna yang sama dengan latar belakang
    • d. Warna yang tidak mudah dibaca
  36. Dalam mendesain poster, bagaimana cara memastikan keselarasan elemen visual?

    • a. Menempatkan elemen secara acak di poster
    • b. Menggunakan grid atau panduan untuk menyelaraskan elemen
    • c. Menggunakan warna yang sama di seluruh elemen
    • d. Menambah jumlah elemen visual
  37. Apa yang dimaksud dengan ‘tata letak’ dalam desain poster?

    • a. Penempatan elemen visual dan teks dalam poster
    • b. Warna latar belakang poster
    • c. Jumlah elemen visual
    • d. Ukuran poster
  38. Apa yang harus diperhatikan saat menggunakan gambar dalam desain poster?

    • a. Kualitas gambar dan relevansinya dengan pesan
    • b. Ukuran gambar yang lebih besar
    • c. Jumlah gambar yang banyak
    • d. Warna gambar yang sama dengan latar belakang
  39. Apa yang dimaksud dengan ‘aliran visual’ dalam desain poster?

    • a. Cara mata pengamat bergerak melalui elemen poster
    • b. Jumlah elemen visual di poster
    • c. Warna yang digunakan di poster
    • d. Ukuran teks
  40. Apa yang menjadi tujuan dari mendesain poster dengan perspektif yang baik?

    • a. Menciptakan tampilan yang menarik dan mempengaruhi pemahaman pesan
    • b. Menambahkan banyak teks
    • c. Menggunakan warna yang sama di seluruh poster
    • d. Menghindari penggunaan warna terang

Soal Uraian

  1. Jelaskan langkah-langkah dalam menggambar perspektif satu titik hilang dan bagaimana garis konvergen berfungsi dalam proses tersebut.

  2. Deskripsikan perbedaan antara perspektif satu titik hilang dan perspektif dua titik hilang. Berikan contoh situasi di mana masing-masing digunakan.

  3. Rancanglah sebuah poster dengan tema “Kampanye Lingkungan”. Jelaskan elemen desain yang Anda gunakan, termasuk tipografi, warna, dan gambar untuk menyampaikan pesan dengan efektif.

  4. Analisis sebuah poster yang Anda anggap efektif. Diskusikan elemen desain seperti warna, tipografi, komposisi, dan bagaimana semua elemen tersebut bekerja sama untuk menyampaikan pesan.

  5. Jelaskan bagaimana perspektif satu titik hilang dapat digunakan dalam desain poster untuk menciptakan ilusi kedalaman. Berikan contoh dan sketsa sederhana jika perlu.

Kunci Jawaban

Pilihan Ganda:

  1. b
  2. c
  3. c
  4. c
  5. a
  6. a
  7. b
  8. b
  9. c
  10. b
  11. a
  12. c
  13. b
  14. a
  15. b
  16. a
  17. c
  18. b
  19. c
  20. b
  21. b
  22. c
  23. a
  24. b
  25. b
  26. a
  27. c
  28. b
  29. a
  30. a
  31. b
  32. a
  33. b
  34. b
  35. b
  36. b
  37. a
  38. a
  39. a
  40. a

Uraian:

  1. (Jawaban tergantung pada penjelasan detail siswa)
  2. (Jawaban tergantung pada penjelasan detail siswa)
  3. (Jawaban tergantung pada desain dan penjelasan siswa)
  4. (Jawaban tergantung pada analisis siswa)
  5. (Jawaban tergantung pada penjelasan dan sketsa siswa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar