Sabtu, 02 Februari 2013

Praktek Membuat Karya Kerajinan Dari Bahan Stik Es Krim

Oleh : Lendra Morjuangsah, M.Pd.

       Stik es krim adalah salah satu bahan yang bisa kita olah menjadi sebuah karya seni yang bermutu. Stik es krim selain mudah didapatkan juga relatif ekonomis karena harganya yang cukup terjangkau oleh siswa.
       Ada dua jenis bentuk stik es krim yang beredar di pasaran, di antaranya yang berbentuk seperti sendok (di sisinya terdapat pola lekukan) serta yang bentuknya hanya cukup lurus saja.
       Harga untuk stik es krim sendiri cukup beragam. Stik es krim 500 pcs yang berwarna putih dan berserat halus biasa dijual seharga Rp. 15.000,- dan stik es krim 500 pcs yang berwarna pucat dan seratnya kurang halus dijual Rp. 12.000,-. Jika ingin beli eceran biasanya untuk tiap 100 pcs nya dijual dengan harga Rp. 5.000,-. Bahan stik es krim ini biasanya bisa kita dapatkan di toko-toko plastik atau toko penjual bahan-bahan kue.
       Ada banyak bentuk karya seni terapan yang bisa kita buat dari bahan stik es krim. Dari bahan ini kita bisa membuat tempat pensil, diorama rumah-rumahan, pigura foto, dll. Bahan ini cukup nyaman untuk dijadikan bahan pembelajaran seni kriya di sekolah karena cukup mudah dibentuk.

Contoh Planing Produk :

Tempat Pensil dari Stik Es Krim

Kelas/semester      : Kelas 8 / genap
Jenis Karya             : Seni Rupa Terapan (Kriya Kayu)
Bentuk                     : 3 dimensi
Teknik                      : Tempel, Modelling, Terawangan.

A. Persiapan
Sebelum proses berkarya berlangsung, siapkan alat dan bahan berikut terlebih dahulu.
1. Alat      : Pensil, penghapus, kertas, cutter, lem kayu, dan ampelas halus
2. Bahan   : Stik Es Krim dan batang korek api

B. Proses Berkarya
1. Buatlah 2 buah gambar rancangan dari bentuk tempat pensil yang akan dibuat. Dari dua gambar rancangan tersebut kemudian pilih salah satu yang terbaik atau bisa menurut hasil penilaian guru.
2. Setelah kamu yakin dengan gambar rancangan nya kamu tinggal membentuk dan menyusun stik es krim sesuai dengan rancangan gambar yang kamu buat.

C. Finishing (proses akhir)
Setelah stik es krim berhasil dibentuk sesuai dengan rancangan, selanjutnya di rapihkan dengan ampelas agar bekas lem dan permukaan stik yang kasar bisa halus dan terlihat bersih. Untuk hasil yang lebih indah bisa dikombinasikan dengan hiasan dari batang korek api.

Selamat Berkarya .... !

Karya Siswa SMPN 2 Pamulihan
Karya Siswa SMPN 2 Pamulihan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar